"JANGAN TAKUT DENGAN KEGAGALAN KETIKA MEMULAI SEBUAH USAHA, KARENA KEGAGALAN YANG KITA ALAMI ADALAH BAHAN PEMBELAJARAN UNTUK MEMPERBAIKI USAHA KITA."

Postingan Unggulan

BOCI (BASO ACI)

BOCI  adalah salah satu jenis jajanan terkenal yang berasal dari Garut. Teksturnya kenyal karena terbuat dari tepung atau pati singkong. Unt...

Kamis, 12 Januari 2023

ES PISANG IJO

ES PISANG IJO

 adalah kudapan khas dari Makassar, Sulawesi Selatan. Hidangan ini diolah dari buah pisang raja, ambon, atau kepok yang sudah matang. Pisang dibalut dengan adonan tepung beras bercampur santan dan air daun pandan yang memberi warna hijau dan aroma pandan. Lalu, diberi tambahan tepung terigu rebus yang kenyal atau bubur sum-sum, disiram dengan sirop warna merah khas Makassar, dan lelehan susu kental.

Bahan-bahan

  1. 6 buah pisang raja/kapas/kepok matang
  2. 50 gr tepung terigu
  3. 175 gr tepung beras, ayak
  4. 100 ml air daun suji atau pewarna makanan (secukupnya)
  5. 300 ml air
  6. 1/2 sdt garam
  7. Bahan vla/saus :
  8. 650 ml santan
  9. 50 gr tepung beras
  10. 75 gr gula pasir
  11. 1 lembar daun pandan,ikat simpul
  12. 1/4 sdt garam
  13. Pelengkap :
  14. secukupnya es batu serut
  15. secukupnya kacang tanah sangrai
  16. secukupnya susu kental manis
  17. secukupnya sirup cocopandan

Cara Membuat

  1. Campurkan air, tepung terigu, air daun suji atau pewarna makanan dan garam jadi satu. Masak dengan api yang sedang, sambil diaduk sampai mendidih. Aduk hingga merata dan adonan menjadi lembut. kemudian angkat.

  2. Tambahkan tepung beras sedikit demi sedikit ke dalam adonan lalu aduk hingga adonan menjadi kalis.

  3. Ambil adonan menjadi 6 bagian lalu bentuk bulat dan tipiskan dengan ketebalan kurang lebih 0,5 cm. Balut pisang dengan adonan sampai tertutup rata, kemudian kukus hingga matang. Angkat dan dinginkan.

  4. Untuk membuat saus/vla es pisang ijo. Campurkan santan, tepung beras, gula pasir, daun pandan, dan garam jadi satu. Masak semua bahan dengan api sedang, sambil diaduk sampai mendidih, lalu dinginkan.

  5. Untuk cara penyajiannya, ambil 1 buah pisang ijo kemudian potong-potong, letakan pada piring atau mangkuk dan siram dengan saus pisang ijo. Tambahkan es serut dan pelengkap sajian sesuai selera.

  6. Es pisang ijo Makassar Segar siap disantap

Jadi, tunggu apalagi untuk membuka peluang usaha berjualan es pisang ijo ini. Yuk kita coba kesempatan ini.

0 komentar:

Posting Komentar